كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ
Kamu (wahai umat Muhammad) adalah sebaik-baik umat yang dilahirkan bagi (faedah) umat manusia, (kerana) kamu menyuruh berbuat segala perkara yang baik dan melarang daripada segala perkara yang salah (buruk dan keji), serta kamu pula beriman kepada Allah (dengan sebenar-benar iman). (Surah Ali `Imran: 110)

6 Juni 2014

Biografi Ulama Hadramaut





Nama kitab: Biografi Ulama Hadramaut ( Al-Imam al-Muhajir ilallah Ahmad bin ‘Isa; Al-Imam ‘Ubaidillah bin al-Muhajir; Al-Imam Muhammad bin Ali ba ‘Alawi Shahib Mirbath; Al-Ustadz al-A’zham al-Faqih al-Muqaddam)
Penjelasan: Mengenal thariqah Alawiyah tidak sama dengan mengenal thariqah-thariqah sufi pada umumnya, sebab dalam thariqah Alawiyah tidak ada metode-metode tertentu yang tertulis secara teoretis meski telah banyak orang mendifinisikan dan menggambarkan manhaj thariqah ini. Mengenal thariqah ini bisa dicapai bila mana kita mengkaji biografi dan riwayat hidup para tokohnya, karena banyak ajaran-ajaran thariqah ini yang hanya ditemukan pada perilaku dan kebiasaan hidup para tokohnya. Oleh sebab itulah kami mencoba mengenalkan thariqah ini melalui riwayat hidup para pendiri dan tokohnya. Tulisan ini kami terjemahkan dari karya ulama kontemporer yang memang berasal dari thariqah ini, beliau adalah Habib Abubakar bin Ali Al-Masyhur, yang saat ini memang merupakan salah satu penerus perjuangan para salaf.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar